Muktamar VII AIPKI Akan Bicara Peningkatan Kualitas Dokter

MANADO - Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) merupakan lembaga yang menghimpun aspirasi seluruh institusi pendidikan kedokteran.

Tujuan kegiatan ini agar diperoleh wawasan komrehensif tentang tantangan dan antisipasi sistem pendidikan terhadap rencana implementasi sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) sebagai wujud health system based medical education, terlaksananya mekanisme organisasi sesuai AD/ART dan teraplikasinya konsep health based medical education dalam program pengembangan organisasi, peningkatan kualitas dokter dan dokter spesialis, program kemahasiswaan dan pengabdian masyarakat, program pascasarjana dan penelitian, pengembangan SDM, sarana prasarana dan pengelolaan keuangan, serta pengembangan kerjasama dan sistem informasi dan komunikasi. Seluruh kegiatan Muktamar VII AIPKI akan dilangsungkan di Hotel Arya Duta Manado.

Kegiatan Muktamar VII AIPKI 2013 dengan panitia Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi yang akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 26 september sampai 28 september 2013. Muktamar ini direncanakan akan dihadiri oleh seluruh anggota AIPKI yang berjumlah 73 Fakultas Kedokteran di enam wilayah seluruh Indonesia, Tribun Manado Selasa (24/9).

Materi pada hari Kamis 28 september 2013 mulai pukul 18.30-21.00 wita, dengna topik tantangan sistem kesehatan di Indonesia menghadapi era sistem jaminan sosial nasional. Subtopiknya antara lain arah kebijakan sistem kesehatan di Indonesia, konsep dan implementasi sistem jaminan sisoal nasional, tantangan sistem kesehatan, menghadapi SJSN dan harapan terhadap peran institusi tantangan sistem kesehatan menghadapi SJSN. Pembicara dan Materi oleh Menteri kesahatan.

Selanjutnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan topik Antisipasi sistem pendidikan nasional menghadapi era SJSN. Subtopik antara lain arah kebijakan sistem pendidikan nasional, pandangan Kemdikbud terhadap SJSN dan antisipasi sistem pendidikan nasional terhadap SJSN.

sumber: TRIBUNMANADO.CO.ID